Menjelang Ramadhan : Yuk, cari tahu amalan apa yang berpahala besar!



Terhitung sejak Jumat 12 Mei 2017, bulan ramadhan yang kabarnya akan jatuh pada tanggal 25 Mei  hanya tersisa 15 hari lagi, yang itu berarti persiapan bagi seorang muslim untuk bertempur dengan hawa nafsu di bulan suci harus makin diperbanyak (Reminder buat admin juga). Bulan Ramadhan yang juga merupakan bulan suci bagi umat islam di seluruh dunia menjadi bulan yang dinanti-nantikan. Hal tersebut dikarenakan banjirnya pahala terdapat di bulan penuh berkah tersebut.
Nah, di sini admin telah merangkum beberapa amalan ibadah yang bisa dijadikan referensi untuk form muttaba’ah (daftar ibadah harian) ikhwah di rumah.
Yuk kita mulai..
a.       Sholat 5 waktu  di awal waktu (Khusus Ikhwan ke masjid)
Mungkin sholat di awal waktu buat yang selalu stay di rumah atau tidak memiliki kewajiban sebagai karyawan, mudah-mudah saja dilakukan. Nah, yang berat adalah jika kondisi kita sedang disibukkan dengan urusan dunia. Sholat di awal waktu jika kita mampu meninggalkan urusan dunia kita sejenak, maka insyaAllah, pahala yang besar akan senantiasa kita dapatkan.

b.      Tilawah atau membaca Al-qur’an
Seperti kita ketahui, kitab suci Al-qur’an yang berisi firman-firman Allah adalah mukjizat nabi Muhammad shalallahu’alaihi wa sallam yang menjadi cahaya bagi umat islam di seluruh dunia. Tapi tahukah teman-teman?? Al-qur’an yang selama ini ‘mungkin’ sering kita abaikan, kelak di hari akhir, di tempat berkumpulnya seluruh umat manusia untuk mendapatkan peradilan tertinggi dari Allah swt , Al-qur’an akan maju untuk menjadi lawyer kita lho.. berikut hadistnya:
Nabi shalallahu’alaihi wa sallam bersabda : “Bacalah Al-qur’an,karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada para pembacanya” (HR Muslim)

Nah , jangan lupa sematkan “membaca Al-qur’an” pada form muttabah kalian ya!

c.       Puasa
“Lah kok min? Puasa dimasukin juga?” Yup! Meskipun di bulan ramadhan banyak juga lhoooo godaan untuk engga berpuasa. Nah, ikhwah fillah, bahasan ini menjadi penting karena banyaknya muslim yang belum peka nih sama tujuannya puasa. Memahami hakikat puasa dan tujuannya juga jadi faktor penyemangat lhoooo siapa bilang cuma butuh di semangatin pacar? Hihihi
Fungsi memahami tujuan puasa tentunya kita akan lebih bersemangat dan menjadikan ibadah kita di bulan suci ini bukan sekedar puasa aja melainkan mendapat ilmu yang lain. Misalnya, bulan puasa tidak seharian tidur dari sahur sampai buka tanpa beribadah yang lain. Ini adalah pemikiran yang cetek. Lalu apa dong min hakikat puasa yang sebenarnya? Hakikat puasa yang sebenarnya adalah takwa. Dengan kata lain, bulan ramdhan adalah ladang pendidikan untuk kita melatih diri agar meninggalkan maksiat-maksiat yang pernah kita lakukan, sehingga saat ramadhan berakhir, kita telah lahir sebagai orang yang berjiwa baru. Itulah goalsnya ramadhan.

d.      Sholat malam
Seharusnya sholat malam pada bulan ramadhan tidak sulit di lakukan. Mengingat setiap hari kita harus sahur di sepertiga malam. Kita bisa memulai sahur dengan sholat malam dahulu. Perlu ditekankan juga bahwa pada bulan ramadhan doa-doa menjadi mustajab, terlebih jika kita berdoanya di sepertiga malam, kebayangkan bagaimana cepat terkabulnya doa kita?

e.       Dzikir
Jika tahun lalu kita masih sibuk ngabuburit bareng pacar, maka tiba saatnya ramadhan tahun ini kita move on untuk berdzikir selama ngabuburit hehe. Selain bermanfaat, berdzikir tidak akan menguras tenaga dan uang kita lho. So, ayo move on!

f.       Berdakwah
Ada kalimat yang menjadi favorit saya “Nerakamu memang bukan urusanku, surga juga belum tentu kumiliki, tapi mengajakmu dalam kebaikan adalah kewajibanku”  I LOVE THIS WORDS! Ya, selain berpahala, orang-orang yang berusaha berdakwah meskipun dirinya belum baik maka ia sebenarnya sedang mendakwahkan dirinya sendiri. Berdakwahlah!  Karena jika kamu menolong agama Allah, maka Allah akan menolongmu~ (QS Muhammad:7)

Ikhwah fillah bisa memulai dari list diatas untuk referensi form muttabah atau ibadah hariannya di bulan ramadhan. 

share jika bermanfaat 
posted by : @cahayaaksara









Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKOTAK KENANGAN | Cahaya Aksara

Sudut Cahaya